Pages

Tanda Tanda Penyakit Glaukoma

Tanda Tanda Penyakit Glaukoma

TANDA TANDA UTAMA GLAUKOMA
Penyakit mata yang dapat menimbulkan kebutaan dan sangat ditakuti adalah Glaukoma.
Kenapa?
1. Salah satu jenis type Glaukoma, tidak bergejala. Tidak terasa sakit, ketajaman penglihatan tidak terganggu pada perkembangannya.
2. Bila fungsi penglihatan sudah mengalami penurunan apalagi bila telah terjadi kebutaan. Tidak akan terjadi perbaikan kembali walaupun di lakukan operasi atau tindakan lainnya. Kelainanan yang sudah timbul, permanen. Tidak seperti halnya pada katarak. Kebutaan katarak bila dilakukan operasi akan mampu melihat kembali.
Tanda tanda utama Glaukoma :
1. Peninggian tekanan bola mata.
Bola mata bila ditekan dengan ke dua jari telunjuk kanan dan kiri akn terasa lebih keras, tidak kenyal seperti pada mata normal. Bandingkan. Pada stadium yang lanjut pada glaukoma, tekanan bola mata kehilangan kekenyalannya, jadi keras seperti kelereng. Pengukuran tekanan bola mata yang lebih rinci dilakukan dengan alat pemeriksaan tonometri.
2. Lapang pandang Mata berkurang.
Pada orang normal, lapang pandang mata cukup luas. Tanpa menolehkan kepala obyek yang kita lihat disamping dapat terlihat. Penderita yang telah mengalami pengurangan lapang pandang, kepala harus ditolehkan. Lapang pandang mata pada penderita glaukoma yang berat, ibarat kita dalam gua melihat ke luar. Tunnel vision.
3. Perubahan struktur papil syaraf dalam mata.
Di dalam mata terdapat Papila N optici, dengan pemeriksaan ophtalmoskop, dokter Mata dapat melihat perubahan struktur organ ini. Tampak pelebaran CD ratio.
Pelebaran CD ratio ini disebabkan tekanan tinggi bola mata yang terus menerus dan lama.
Dengan adanya ke tiga tanda utama tersebut, dapat diketahui penderita mengidap glaukoma.
Pemesanan Langgsung Menghubungi via sms/tlp :

Artikel Lain :

Tidak ada komentar:

 

SELAMAT DATANG

DI BLOG KAMI

×

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.