Pages

Kekurangan dan Kelebihan LCD TV Monitor

Salah satu syarat agar Anda bisa bekerja dengan baik adalah kenyamanan dalam bekerja. Baik itu dari segi tempat kerja, suasana kerja, teman kerja, sarana kerja, dan hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan. Karena jika kita nyaman dalam bekerja, tentu hasil pekerjaan Anda pasti akan maksimal.
Untuk orang-orang yang bekerja di depan komputer, salah satu sarana yang membuat kenyamanan dalam bekerja adalah monitor yang baik dan nyaman digunakan. Karena itu LCD TV monitor adalah salah satu yang harus dipenuhi untuk membuat suasana kerja nyaman.

Kelebihan LCD TV Monitor
Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, kenapa harus memilih LCD TV monitor untuk bekerja? Sebenarnya, banyak sekali kelebihan-kelebihan jika Anda menggunakan LCD TV monitor. Berikut ini akan dibahas beberapa kelebihan dari LCD TV monitor.
  1. Hemat Listrik
    Karena tidak lagi menggunakan tabung sinar katoda, maka kebutuhan daya listrik untuk LCD TV monitor ini jauh lebih kecil daripada monitor yang masih menggunakan tabung sinar katoda atau biasa disebut dengan CRT. Kebutuhan listrik untuk LCD TV monitor ini hanya sekitar 30% dari kebutuhan daya listrik untuk monitor CRT.
    Jadi, jika monitor CRT membutuhkan daya 7 watt, maka LCD TV monitor ini hanya membutuhkan sekitar 25 watt untuk konsumsi listrik agar bisa berjalan. Tentu saja hal ini akan menekan pengeluaran Anda, apalagi jika daya yang terpasang di rumah Anda kecil, penggunaan LCD TV monitor ini akan sangat efisien.
     
  2. Hemat Tempat
    LCD TV monitor ini memiliki bentuk yang lebih tipis daripada monitor CRT. Hal ini disebabkan karena LCD TV monitor menggunakan kristal cahaya yang berupa cairan untuk menampilkan gambar, sehingga membuat bentuk LCD TV monitor ini jauh lebih tipis dari monitor CRT yang masih menggunakan tabung sinar katoda.
    Perbandingan ketebalan antara monitor CRT dengan LCD TV monitor ini adalah 1:5, dimana 1 monitor CRT sama ketebalannya dengan 5 LCD TV monitor. Hal ini tentu sangat berguna bagi kita yang mempunyai ruangan yang tidak terlalu luas.
     
  3. Kesehatan Mata
    Seperti yang telah diketahui, radiasi yang disebabkan oleh monitor CRT bisa menyebabkan mata minus. Berbeda halnya dengan LCD TV monitor ini yang sangat bersahabat dengan mata. Karena tidak menggunakan penembakan elektron ke layar monitor untuk menghasilkan gambar, LCD TV monitor ini tidak menyebabkan radiasi dan aman untuk mata.

Kekurangan LCD TV Monitor
Selain kelebihan-kelebihan di atas, ada beberapa kekurangan dari LCD TV monitor, diantaranya adalah:
  1. Harga Mahal
    Karena menggunakan teknologi baru, harga LCD TV monitor ini masih relatif mahal. Sebuah LCD TV monitor bisa digunakan untuk membeli tiga buah monitor CRT.
     
  2. Sudut Pandang Terbatas
    Untuk pekerjaan desain gambar, LCD TV monitor ini biasanya tidak digunakan. Sebab, sudut pandang yang berbeda terhadap layar monitor akan menyebabkan warna gambar yang berbeda pula. Berbeda halnya dengan monitor CRT yang mempunyai sudut pandang yang luas.
     
  3. Servis Mahal
    Jika terjadi kerusakan pada LCD TV monitor ini, kita akan membutuhkan biaya untuk servis yang lebih mahal daripada monitor CRT. Hal ini disebabkan karena masih minimnya bengkel elektronika yang mampu memperbaiki kerusakan LCD terutama pada bagian kristal cahaya.
Semoga pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan LCD TV monitor di atas, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membeli LCD TV monitor sebagai sarana untuk Anda bekerja. Walaupun ada beberapa kekurangan dari LCD TV monitor, tetapi kelebihan dari LCD TV monitor jauh lebih besar daripada kekurangannya, terutama untuk kesehatan mata.

Tidak ada komentar:

 

SELAMAT DATANG

DI BLOG KAMI

×

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.