Pages

Cara mengatasi ketombe

Cara mengatasi ketombe dapat dilakukan setelah mengetahui penyebab ketombe dan jenis rambut Anda. Karena beda jenis rambut, berbeda pula bahan yang digunakan. Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati pada rambut secara berlebihan. Sehingga menyebabkan munculnya serbuk putih yang mengganggu penampilan. Selain itu, juga menimbulkan rasa yang sangat gatal. Dengan adanya ketombe, tentu saja akan merusak rasa percaya diri Anda. Selalu curiga dan waspada jika serbuk putih muncul permukaan rambut atau pada baju belakang.

Cara Mengatasi Ketombe



Ketombe disebabkan oleh bakteri pityrosporum ovale, bakteri ini berkembang biak dengan baik jika kita mengalami stres, iklim tropis yang panas dan lembap, sering terpapar sinar matahari, serta polusi udara yang sangat tinggi. Pityrosporum ovale mengakibatkan iritasi dan gatal pada kulit kepala, sehingga menyebabkan sel kulit lama mati dan akhirnya menimbulkan ketombe.

Cara mengatasi ketombe dapat dilakukan dengan menggunakan shampoo anti ketombe yang dapat disesuaikan berdasarkan bahan aktifnya. Perlu diingat, tidak semua shampoo mengandung bahan anti ketombe. Sebelum mengganti shampoo, sebaiknya ketahui dulu jenis rambut Anda.

    Untuk jenis rambut cenderung berminyak, jenis clarifying shampoo sangat cocok karena dapat mengurangi kandungan minyak dan lemak.
    Untuk jenis rambut kering, bercabang dan mudah patah, gunakan nourishing shampoo yang banyak mengandung pelembab dan nutrisi. Pemakaian kondisioner wajib dilakukan untuk melembabkan rambut.
    Untuk  jenis rambut normal, bisa menggunakan shampoo untuk jenis rambut normal karena tidak terlalu bermasalah.

Selain menggunakan shampoo, cara mengatasi ketombe juga dapat dilakukan menggunakan bahan sederhana berikut ini.

    Cuka dan Air. Cuka mengandung potasium dan enzim yang dapat menghilangkan gatal dan ketombe pada kulit kepala. Caranya, buat campuran secangkir cuka dengan secangkir air. Oleskan pada kulit kepala setelah keramas. Diamkan beberapa saat kemudian bilas. Lakukan selama dua minggu secara rutin untuk melihat hasilnya.
    Garam.Gunakan garam untuk ditaburkan ke kulit kepala kemudian gosok-gosok, setelah itu bersihkan dan bilas menggunakan shampoo.
    Lidah buaya. Oleskan ekstrak lidah buaya pada permukaan kulit kepala yang berketombe. Diamkan hingga 15 menit kemudian bilas.
    Jeruk Nipis dan Jus Lemon. Ambil 2 sdm air jeruk nipis kemudian siramkan pada rambut, pijit dengan lembut pada kulit kepala. Kemudian ambil 1 sdm jus lemon, masukkan kedalam segelas air dan siramkan lagi. Bilas rambut hingga bersih.

Dengan memiliki rambut indah tanpa ketombe, tentu akan membuat percaya rasa diri menjadi naik. Biasanya masalah rambut selain ketombe adalah rambut rontok, namun tidak perlu risau karena Anda bisa menemukan solusinya disini tentang cara mengatasi rambut rontok. Jadi, masihkah rambut Anda berketombe hari ini?  Langsung saja coba cara mengatasi ketombe diatas.

Tidak ada komentar:

 

SELAMAT DATANG

DI BLOG KAMI

×

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.