Pages

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Masa-masa kehamilan merupakan masa penting dalam perkembangan janin dalam rahim ibu. Nutrisi yang cukup serta pemenuhan gizi seimbang suatu hal yang wajib terpenuhi untuk tumbuh kembang janin dan ibu yang mengandungnya.

Manfaat kacang hijau khususnya untuk ibu hamil telah dikenal sejak lama, bahkan orang tua jaman dulu begitu mewajibkan untuk mengkonsumsi kacang hijau sebagai pelengkap nutrsi ibu hamil. Menurut penelitian para ahli, nilai gizi yang terkandung dalam kacang hijau diantaranya :

Serat
Serat berfungsi membantu kelancaran proses pencernaan serta memelihara kesehatan saluran cerna kita. Terhambatnya proses pencernaan akan mengakibatkan penyerapan nutrisi yang tidak maksimal oleh tubuh.

Lemak
Lemak bermanfaat sebagai cadangan makanan pada tubuh, melindungi organ, serta menjaga kesetabilan suhu tubuh kita maupun bayi kita. Lemak pada kacang hijau berkadar rendah serta aman untuk jantung. Kacang hijau aman dikonsumsi terutama oleh wanita hamil, karena lemak pada kacang hijau aman untuk tekanan darah.

Asam Folat
Asam folat sangat penting dikonsumsi pada trimester awal kehamilan. Sangat  berguna untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Hal ini tentunya berhubungan dengan tingkat kecerdasan bayi. Asam folat juga mencegah terjadinya kecacatan pada bayi seperti bibir sumbing, kelainan jantung, spina bifida, dan kecacatan lainnya. Asam folat juga dapat kita jumpai pada kacang kedelai, brokoli, jeruk, bayam, alpukat, dan lain-lain.

Vitamin B1 dan B2
Vitamin ini bermanfaat untuk membantu penyerapan protein, pertumbuhan janin, melancarkan pencernaan, menjadi katalis untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, serta membantu fungsi saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan beri-beri, mudah lelah, dan konstipasi. Kacang hijau sangat baik untuk mengatasi kelelahan saat kita hamil karena kandungan vitamin B1-nya.

Protein tinggi
Protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ pada janin. Bila kebutuhan protein tidak tercukupi, maka pertumbuhan organ bayi tidak sempurna serta terjadi kecacatan. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa konsumsi protein yang cukup saat hamil, akan meningkatkan volume rambut bayi.

Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks dicerna tubuh lebih lama sehingga energi kita lebih stabil bila mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi kacang hijau yang mengandung karbohidrat kompleks, kita akan merasa kenyang lebih lama serta tidak mudah lelah.

Kalsium dan fosfor
Kalsium berfungsi untuk petumbuhan tulang pada janin serta meningkatkan kepadatan tulang ibu. Fungsi utama fosfor adalah pemberi energi, membantu metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesa DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kalsium akan bekerja lebih maksimal jika dikonsumsi bersamaan dengan fosfor. Kebutuhan kalsium dan fosfor pada saat hamil meningkat karena unsur ini penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Bila konsumsinya tidak mencukupi maka bayi akan mengambil kalsium dari tubuh ibu sehingga ibu di kemudian hari bisa beresiko mengalami osteoporosis.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil sangat besar jika dilihat dari nilai gizi yang terkandung didalamnya, jadi disarankan jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi kacang hijau sebagai pelengkap menu makanan anda. 
 
Artikel Lainya :

Tidak ada komentar:

 

SELAMAT DATANG

DI BLOG KAMI

×

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.