Pages

Manfaat dan Khasiat Bengkoang Bagi Kesehatan

Bengkong, tanaman sayuran berumbi yang tumbuh di Amerika Selatan dan Tengah, Asia Selatan, Asia Timur, serta Asia Pasifik; merupakan suatu sumber protein dan minyak benih yang digunakan dalam industri makanan di wilayah-wilayah ini. Serpahin Zanklan, seorang ilmuwan di Centre Songhai di Porto-Norvo, Benin, menyelidiki tanaman bengkoang untuk potensi tumbuhnya dan potensi produksi makanan dalam kondisi iklim Afrika Barat. Dalam sebuah artikel yang dipublikan pada jurnal Crop Science, Zanklan melaporkan bahwa terdapat sekitar 34 genotipe bengkoan yang tumbuh dengan dan tanpa perpindahan bunga pada satu tempat kering dan tempat teririgasi. Dari 33 sifat yang diukur, hampir semua menunjukkan variasi genetika yang besar. Sebagai tambahan, penyebaran yang mudah dari benih-benihnya membuat tanaman ini sangat diinginkan oleh para pemula.

Beberapa manfaat buah bengkoang adalah sebagai berikut:

Penangkal biang keringat

Potong ubi jalar dan bengkoang diparut secukupnya. Tambahkan air pada hasil parutan dan aduk merata. Peras adonan parutan tersebut seperti halnya Anda sedang membuat santan. Biarkan air perasan tersebut selama beberapa menit hingga ampasnya mengendap. Hasil endapan ampas tersebut akan berubah menyerupai tepung. Selanjutnya, oleskan tepung endapan ampas tersebut pada daerah kulit Anda yang terkena biang keringat. Lakukan rutin setiap malam hari hingga biang keringatnya hilang sama sekali.

Setara kedelai dalam menghambat proses penuaan

Dari hasil penelitian, 30 responden yang diberi kapsul berisi ekstrak isoflavon kedelai tempe selama tiga bulan ternyata memiliki kulit yang lebih kenyal dibanding kelompok kontrol yang tidak diberi ekstrak isoflavon. Hormon ekstrogen yang terdapat dalam isoflavon kedelai tersebut dapat menghambat penuaan secara alami, murah, dan juga mudah. Nah, ternyata selain pada kedelai, isoflavon ini juga terdapat pada bengkoang.

Selain untuk menghambat penuaan, isoflavon juga berkhasiat untuk mencegah kanker prostat pada kaum laki-laki.

Menyembuhkan bisul

Menyembuhkan kecanduan Napza

Untuk berbagai keperluan kecantikan

Di antaranya:

  •     Menghilangkan flek hitam bekas jerawat
  •     Masker wajah
  •     Lulur saat mandi
  •     Memperindah dan menghilangkan noda hitam pada kantung mata (PS: baca juga resep menghilangkan noda hitam pada kantung mata)

Tidak ada komentar:

 

SELAMAT DATANG

DI BLOG KAMI

×

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.